6 Tools Untuk Membantu Mengecek Kecepatan Loading Blog Kamu

Kecepatan blog kini punya peran penting dalam web development. Semakin rendah kecepatan loading blog turut mempengaruhi performa blog itu sendiri secara keseluruhan. Karena itu buat kamu para blogger penting kiranya untuk selalu mengecek berapa kecepatan loading di blog secara berkala.

Bagaimana Mengecek Kecepatan Blog

cek skor kecepatan blog

Mengapa mengecek kecepatan blog sangat penting ? Dengan fakta bahwa internet cepat sudah mudah diakses oleh sebagian besar pengguna internet, maka seharusnya blog atau situs yang dikunjungi juga dapat terbuka dengan cepat. Bila waktu loadingnya terlalu lama, orang akan segera berpaling dari blog kamu dan mencari informasi ke website lainnya.

Kecepatan loading yang tinggi secara nyata juga mempengaruhi pemeringkatan artikel dari blog tersebut di pencarian Google. Dengan kata lain, speed loading dari blog juga menjadi salah satu indikator dari SEO blog tersebut.

Lalu apa cara untuk mengetahui skor kecepatan loading blog saat diakses ?

Web Tools Terbaik Untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog

Untuk mengetahui tinggi rendahnya speed loading blog kini sangat mudah dilakukan. Caranya yaitu dengan menguji kecepatan loading blog kamu di tools speed checker.

Tools website speed checker bisa dikatakan sangat banyak ditemui. Namun agar mendapatkan informasi yang lebih detail dan akurasinya tinggi mengenai kinerja kecepatan, serta indikator yang perlu dioptimasi agar waktu loading blog menjadi lebih baik maka tools berikut ini sangat direkomendasikan untuk digunakan.

1. Cek Kecepatan Blog di Google Insight PageSpeed

Tools untuk mengecek kecepatan loading blog yang sangat disarankan adalah Google Insight PageSpeed. Tools buatan Google ini masih merupakan salah satu tools yang dipercaya untuk mengetahui berapa skor kecepatan blog. Di tools ini kamu cukup memasukkan nama domain blog di kolom yang tersedia, kemudian setelah beberapa saat akan muncul hasil pengujiannya dan analisa. Salah satu kelebihan dari Google Insight PageSpeed ini yaitu pada hasil analisa pengecekan skor loading akan ditampilkan apa saja yang perlu dioptimasi sehingga nantinya waktu loading blog dapat terpangkas.

2. GT Metrix

Website untuk menguji kecepatan blog berikutnya yaitu GTMetrix. Tools speed checker ini sama populernya dengan Google Insight Pagespeed. Cara menguji kecepatan blog di GT Metrix juga cukup mudah, yaitu tinggal memasukkan nama domain yang ingin diketahui skor kecepatannya. Setelah beberapa saat akan muncul hasil pengecekannya, dan ditampilkan pula rekomendasi untuk meningkatkan skor kecepatan. Salah satu kelebihan GTMetrix ini yaitu kamu bisa membandingkan hasil pengecekan kecepatan blog yang berbeda, serta membandingkan hasil pengecekan skor loading dari blog yang bersama. Coba cek kecepatan blog kamu hingga 4 kali, apakah skor dan indikatornya sama ?

3. WebPageTest

Selain Google Insight Pagespeed dan GT Metrix, tools terbaik untuk menguji kecepatan blog lainnya yang cukup baik akurasinya yaitu WebPage Test. situs speed checker gratis dan open source ini dikembangkan oleh Patrick Meenan. Kelebihan tools WebPage Test ini adalah tersedianya fitur perbandingan first view dan repeat view yang hampir mirip kegunaannya dengan yang di GTMetrix. Kamu juga bisa mengecek kecepatan blog dari berbagai lokasi di dunia secara gratis via browser.

4. Pingdom

Pingdom adalah tools cek kecepatan blog lainnya yang cukup baik memberikan analisa. Untuk mengecek kecepatan blog gratis, Pingdom menganalisa kinerja dan performa web secara komprehensif. Pingdom juga memantau downtime website. Hasil pengujian kecepatan loading blog ini nantinya akan memunculkan sejumlah indikator dan penyebab rendahnya kecepatan blog.

5. Google Test My Site

Tools bernama Google Test My Site ini juga sangat direkomendasikan untuk mengukur performa kecepatan blog. Khususnya untuk mengetahui kecepatan blog pada mode mobile. Seperti diketahui blog dan website kini paling banyak diakses secara mobile, maka semua blogger tentu saja harus memantau kecepatan blog yang diakses via gadget Android dan iPhone. Google Test My Site turut menilai benchmark kompetitor, serta memberikan data dan rekomendasi perbaikan performa blog.

6. YSlow

Rekomendasi tools gratis untuk mengecek performa website yaitu YSlow. Tools ini bersifat open source, dimana algoritma yang digunakan mengikuti 23 dari 34 rules dari Yahoo!. YSlow sendiri merupakan tools bawaan browser Firefox yang muncul berformat plugin.

Berapa Skor Kecepatan Blog Kamu ?

Skor kecepatan loading blog yang muncul pada cek kecepatan blog di tools di atas memang bukanlah angka pasti. Namun dengan akurasi yang hampir mendekati, maka bila skor kecepatan loading blog kamu jeblok tentu harus dioptimasi.

Ada berbagai penyebab lambatnya loading blog kamu yang muncul pada hasil pengujian tersebut. Antara lain misalnya blog menggunakan banyak kode CSS. Salah satu upaya untuk mengopimasinya yaitu dengan cara me-minify CSS bawaan blogspot.

Penyebab lainnya mengapa skor kecepatan blog di bawah 70, yaitu karena format image atau gambar berukuran besar. Padahal gambar punya nilai tambah terhadap kualitas artikel blog. Untuk menyikapinya kamu bisa memasang script lazy load gambar.

Itulah pentingnya loading blog cepat dan bagaimana mengecek kecepatan blog lewat web tools. Selamat mencoba.