7 Tips Optimasi SEO Onpage Yang Penting Diterapkan di Blog - Panduan Blogger -->


Bang Oben
Bang Oben Cuma orang biasa saja. Penyuka musik cadas, penikmat film berkelas.

7 Tips Optimasi SEO Onpage Yang Penting Diterapkan di Blog

Daftar Isi [Tampil]

    Optimasi SEO hingga kini masih menjadi salah satu topik hangat dalam dunia blogging. Sebagian pegiat blog mengatakan SEO itu penting, sebagian lainnya menyatakan SEO tidak memiliki pengaruh terhadap blog. Bagaimana menyikapinya ?

    Search Engine Optimization atau kerap disingkat SEO adalah misteri besar yang terus digali dan dikaji kegunaannya terhadap website atau blog. Meskipun beberapa blogger berasumsi SEO tidak melulu punya peran terhadap ketenaran sebuah blog, namun Keberadaan SEO 2021 menurut pakar algoritma ternyata masih memiliki pengaruh besar terhadap eksistensi blog dalam mesin pencari (search engine).

    Faktanya, Google terus melakukan update terhadap algoritma mesin pencarinya. Ini dapat mengindikasikan bahwa SEO masih punya peran penting. Dengan kata lain, kamu wajib mempertimbangkan untuk mengoptimasi blog dengan pendekatan SEO sehingga mudah bersaing di mesin pencari Google.

    Cara Optimasi Blog Onpage Agar SEO Friendly

    tips optimasi blog SEO

    Nah, buat kamu yang masih mencari-cari bagaimana agar blog lebih SEO friendly, Panduan Blogger akan berbagi cara optimasi SEO yang tepat di blog kamu.

    Yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah kata "optimasi" itu sendiri. Istilah optimasi dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk meningkatkan fungsi dan kebergunaan suatu objek sehingga memiliki nilai dan kemampuan yang lebih baik daripada bentuk awalnya. Dalam hal ini objek yang dimaksud adalah blog kamu.

    Dalam mengoptimasi blog, ada 2 jenis cara mengoptimasinya dengan pendekatan SEO. Yaitu SEO onpage dan SEO offpage. Karena kali ini kita mengulas SEO onpage, maka proses optimasi SEO offpage dapat kamu baca pada artikel lainnya.

    Optimasi SEO onpage adalah proses mengoptimasi SEO pada konten yang dipublish. Fokus optimasi onpage adalah seluruh aspek pada konten itu sendiri. Konten dapat berupa text, gambar visual, maupun video.

    1. Meningkatkan Kecepatan Loading Blog

    Dalam beberapa tahun terakhir ini Google telah memasukkan kecepatan website sebagai salah satu fokus penilaian SEO. Aspek loading blog ini bisa kamu lihat di akun Google Search Console (GSC) yang wajib dimiliki setiap pemilik blog untuk mengetahui bagaimana perkembangan blognya. Pada GSC terdapat sejumlah item, nah coba lihat pada item Data Web Inti. Disana akan diperoleh informasi berapa kecepatan loading blog yang dimiliki. Semakin baik kecepatan loading saat mengakses link artikel, semakin besar kemungkinan konten artikel kamu berada di halaman pertama hasil penelurusan di mesin pencari.

    Salah satu penyebab lamanya loading website adalah terlalu banyak menyisipkan CSS dan HTML sehingga server butuh waktu lebih lama untuk mengakses seluruh kode secara sempurna. Salah satu upaya untuk mempersingkat waktu ketika meloading seluruh kode secara sempurna adalah dengan me-minify kode CSS dalam template blog tersebut.

    2. Optimasi Heading Pada Artikel

    Bila pada struktur template blog ada H1, H2 dan seterusnya maka yang dimaksud disini adalah pada struktur konten yang dipublish yaitu artikel. Fungsi struktur konten dengan heading h1, h2, h3 dan seterusnya yaitu untuk membagi artikel menjadi judul utama dan sub-sub judul pendukung. Misalnya dalam artikel ini, kamu bisa lihat h1 adalah judul utama artikel. Kemudian h2 adalah sub judul dari judul utama. Dilanjutkan dengan h3 yang dapat kamu manfaatkan sebagai sub judul dari sub judul h2, atau pembahasan khusus dari sub judul h2.

    3. Buat Permalink Singkat dan Benar

    Permalink adalah link yang disisipkan pada judul artikel agar ketika judul atau kata tersebut diklik akan terbuka sebuah halaman berisi konten yang menguraikan isi dari judul. Alamat permalink yang ditulis terlalu panjang justru akan terpotong saat ditampilkan di mesin pencari dan ini tidak baik untuk blog tersebut. Karena itu sebelum mempublish artikel, sebaiknya modifikasi permalink-nya. Contohnya judul artikel yang ingin kamu publish adalah Cara Membuat Template BLOG SEO Friendly Loading Cepat, pada mode editor blog ganti format Permalink Otomatis menjadi Permalink Khusus.

    Contohnya "https://www.blogkamu.com/2021/06/cara-membuat-template-seo-friendly-loading-cepat.html" menjadi "https://www.blogkamu.com/2021/06/membuat-template-blog-seo-friendly.html" saja.

    4. Buat Judul Artikel Yang Unik

    Optimasi judul artikel juga sangat penting dilakukan, karena dengan judul yang unik dan disampaikan dengan menarik tapi tidak bertele-tele akan membuat konten kamu lebih human friendly. Perlu diingat bahwa Google sekarang tidak sama seperti dulu, dimana kini robot penelusur diberi keleluasaan untuk menempatkan konten yang lebih manusiawi, karena yang mencari informasi adalah manusia dan yang membaca juga manusia.

    5. Sisipkan Keyword Pada Judul Artikel

    Keyword atau kata kunci adalah aspek penting dan paling utama dalam dunia SEO. Karena pada dasarnya SEO adalah tentang penempatan konten yang paling relevan di halaman hasil pencarian sesuai kata kunci yang diketik di kolom mesin pencari oleh pencari informasi dalam hal ini yaitu pembaca. Terkait optimasi kata kunci ini, salah satunya yang bisa dilakukan adalah menempatkan kata kunci yang disasar pada judul artikel.

    Contohnya kamu ingin menyasar kata kunci "blog SEO", maka tempatkan keyword ini di judul artikel, misalnya Cara Membuat Blog SEO, Cara Modifikasi Template Blog SEO, Cara Optimasi Blog SEO, dan lainnya.

    Ingat : Uraikan konten sesuai judul yang dipublish, karena artikel yang paling relevan yang akan muncul di halaman pertama penelusuran google sesuai kata kunci yang dicari pembaca.

    6. Tambahkan Kata Kunci Di Paragraf Awal Artikel

    Optimasi SEO onpage blog juga bisa dilakukan dengan menyisipkan kata kunci yang ditarget pada kalimat dan paragraf pertama blog. Tapi tentu saja dengan penulisan yang enak dibaca seperti halnya bagaimana kamu membaca sebuah artikel. Gunakan paragraf awal sebagai inti dari semua pembahasan di artikel.

    7. Optimasi Artikel Dengan Internal Link

    Internal link adalah link konten lainnya yang berasal dari blog atau website yang sama. Agar konten kamu lebih teroptimasi, tak salah bila kamu menautkannya ke konten lain. Namun ada syaratnya, yaitu link yang akan ditautkan adalah yang memiliki topik sejenis. Mengapa perlu menyisipkan internal link ? Ini akan mempermudah pembaca untuk membuka satu konten ke konten lainnya sehingga berdampak pada traffic. Selain itu pertimbangan lainnya adalah untuk memudahkan robot perayap mesin pencari mengetahui konten blog kamu secara keseluruhan dan apakah setiap konten memiliki keterkaitan.

    Optimasi SEO blog masih ada lagi yang bisa dilakukan, namun tujuh langkah diatas adalah yang terpenting untuk SEO onpage. Namun yang perlu diingat yaitu bahwa kini mesin pencari Google menempatkan konten yang paling relevan dengan topik dicari. Dengan kata lain SEO friendly adalah human friendly. Selamat mengoptimasi blog.

    Bang Oben
    Bang Oben  Cuma orang biasa saja. Penyuka musik cadas, penikmat film berkelas.
    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Hai

    Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

    Pemilik Arif NoerWahidin
    +62 821-2654-6564
    Call us to +62 821-2654-6564 from 0:00hs a 24:00hs
    Hai, ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Tanya Kami