Trik Optimasi Meta Deskripsi & Tag Meta Blog SEO Friendly Yang Benar

Membuat blog SEO friendly ada banyak trik optimasi. Selain dengan optimasi SEO onpage, blogger juga bisa mengoptimasi blog secara offpage. Kali ini kami akan menjelaskan mengenai salah satu cara mengoptimasi blog yaitu pada Meta Deskripsi dan Tag Meta Penelusuran blog.

SEO atau Search Engine Optimization masih menjadi opsi utama pemeringkatan blog agar muncul di halaman terdepan hasil pencarian Google. Hal ini dijelaskan dalam sejumlah statement dari pihak Google, dimana sejumlah fokus SEO tetap menjadi prioritas.

Karena itu agar blog yang kamu kelola tetap punya kredibilitas yang baik di mesin penelusur dan layak ditayangkan di halaman #1 Google, optimasi SEO perlu diterapkan.

Ada 2 jenis optimasi SEO yang dikenal, yaitu Onpage SEO dan Offpage SEO. Salah satu fokus optimasi SEO onpage yang perlu dilakukan adalah memodifikasi heading tag, title tag, serta meta deskripsi blog.

Mengapa heading tag, title tag, serta meta deskripsi blog perlu dioptimasi ? Karena ketiga item ini adalah indikator pertama yang dirayapi oleh robot penelusur. Keberadaan ketiga item ini selain untuk mempermudah robot mengenali identitas web, juga memberi tahu sang robot tentang konten di blog.

Pada sejumlah tools SEO Checker terkenal, misalnya cek skor SEO Neil Patel kamu pasti menemukan deskripsi blog sebagai salah satu indikator penting SEO.

Baca Juga : Tips Lengkap Optimasi SEO Onpage Blogspot

Optimasi Meta Deskripsi Pada Blog

meta deskripsi dan tag meta


Ada 2 jenis deskripsi meta blog yang perlu diketahui, yaitu meta deskripsi pada url homepage blog dan meta deskripsi pada url postingan blog.

Fungsi meta description pada kedua url atau halaman diatas hampir serupa, yaitu mendeskripsikan konten pada blog. Atau menjelaskan dengan singkat kepada mesin penelusur tentang isi dari blog. Perbedaannya adalah meta deskripsi pada homepage menjelaskan konten blog atau website secara keseluruhan, sementara meta deskripsi pada halaman postingan adalah penjelasan singkat isi dari artikel postingan tersebut.

Kini Google menganugerahkan blogspot sejumlah mode settingan secara otomatis sehingga para blogger khususnya yang belum paham coding lebih mudah memodifikasi blognya.

Cara Optimasi Meta Deskripsi dan Tag Meta Homepage Blog

Bagaimana cara optimasi meta description SEO friendly, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Masuk ke dashboard blogger terbaru
  • Pada menu sebelah kiri dashboard, klik "Setelan".
  • Pada opsi "Dasar", pilih "Deskripsi". Kosongkan saja kolom tulisan (tidak usah menambahkan kata atau kalimat apapun).
  • Selanjutnya scroll ke bawah sampai menemukan opsi "Tag Meta", lalu geser ke kanan atau centang tombol warna hijau. Fungsinya yaitu untuk mengaktifkan tag meta tersebut.
  • Selanjutnya tekan "Deskripsi Penelusuran", akan muncul kolom isian. Isilah kolom tersebut dengan sebaris paragraf singkat yang menjelaskan secara ringkas apa topik atau tema utama blog kamu. Misalnya blog kamu bertema blogger, bisa kamu isikan "blog yang membahas tips dan tutorial membuat blog pribadi" atau topik lainnya.
  • Bila kalimat singkat tadi sudah sesuai dengan tujuan isi blog, settingan kamu akan tersimpan otomatis.
cara modifikasi meta deskripsi blog
Gambar settingan meta deskripsi halaman blog

Itulah cara optimasi meta deskripsi pada halaman url blog (homepage) secara otomatis tanpa perlu otak-atik kode html.

Cara Optimasi Deskripsi URL Postingan Blog

Optimasi deskripsi selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pada halaman artikel postingan. Bila meta description dan tag meta dimodifikasi untuk menjelaskan isi blog secara keseluruhan, maka optimasi halaman postingan adalah menjelaskan isi utama dari artikel atau postingan yang kamu terbitkan.

Mengapa optimasi deskripsi artikel perlu dilakukan, adalah untuk memberitahu robot mengenai isi dan relevansi dari pembahasan artikel sesuai judul dan kata kunci yang dibidik. Selain itu mempermudah mesin pencari menempatkan artikel tersebut adalah yang paling relevan dengan topik yang dicari pengguna internet dibandingkan artikel-artikel lain dengan topik sejenis.

cara modifikasi deskripsi penelusuran blog

Langkah-langkah melakukan settingan otomatis deskripsi penelurusan artikel yaitu sebagai berikut :

  • Bila kamu sudah pernah memposting sebuah artikel dan belum melengkapinya dengan deskripsi yang relevan, buka kembali postingan tersebut pada mode edit.
  • Selanjutnya pada mode edit artikel tersebut perhatikan sub menu settingan di kolom sebelah kanan dashboard.
  • Pilih "Deskripsi Penelusuran" diatas sub menu "Opsi"
  • Pada kolom tersebut, isilah sebaris paragraf singkat yang menjelaskan secara to the point isi artikel. Misalnya artikel yang dibuat berjudul "Cara Optimasi SEO Onpage Pada Meta Deskripsi", maka pada kolom deskripsi tersebut kamu bisa isikan "Langkah-langkah settingan meta deskripsi blog dan deskripsi artikel secara otomatis tanpa edit kode HTML", atau kalimat lainnya sesuai topik.
  • Bila deskripsi singkat tersebut dirasa sudah tepat mewakili isi keseluruhan artikel, selanjutnya klik "Pratinjau" dan pilih opsi "Simpan". Atau langsung saja tekan tombol "Publikasikan".

Melakukan settingan meta deskripsi homepage blog dan postingan ini cukup ampuh membuat blog kamu lebih SEO friendly. Selain identitas blog dikenali, juga memudahkan pengguna internet untuk terus mengikuti blog tersebut sesuai topik yang diinginkan. Selamat mencoba.